Euforia Biaya Melahirkan

Bismillaah

Melahirkan. Ya, setiap calon ibu dalam kehamilan pertamanya pasti merasakan ketakutan akan rasa sakit yang nanti dideritanya. Bayangkan, kelak kulit daerah paling sensitif milik Anda akan robek, bercucuran darah, terjahit oleh batang jarum yang ganas.. Aaarrrrrggh
*Cerita diatas hanyalah bumbu hiperbola, mohon tidak perlu untuk dibayangkan*

Tapi saya paham, sebenarnya bukan itu yang akan menjadi pikiran calon ibu. Biaya melahirkan lebih mendominasi dari sekadar rasa sakit.

Ini salah satu tips bagi Anda, pasangan yang baru saja mendapat kabar kehamilan yang dinanti-nanti. Diawal Anda mendengar kabar tersebut lebih baik segeralah mungkin menyisihkan tabungan untuk keperluan melahirkan. Eits, memang setiap anak Adam telah digariskan rejekinya, namun bukan berarti lantas menutup mata dengan jaman dengan biaya melahirkan yang fantastis serunya. Kita tidak tau apakah Allaah berkehendak memberi persalinan normal atau lainnya. Dengan kata lain, biaya normal memang lebih murah daripada caesar. Yang kita harus lakukan adalah terus meminta pada Allaah demi yang terbaik dilanjut dengan ikhtiar sedini mungkin.

Mulailah menulis pengeluaran dengan skala prioritas. Jika Anda adalah tipe ibu muda yang senang sekali membeli sesuatu yang kurang penting, bahkan sangat tidak penting entah karena sesuatu itu unik, cantik, lucu dan semisalnya, maka segeralah tinggalkan kebiasaan prilaku konsumtif tersebut. Ingat, saat ini sudah ada janin yang menuntut haknya untuk diberi perlakuan terbaik. Mulailah fokus membeli kebutuhan penunjang pertumbuhan optimal bagi janin Anda. Misalnya, ketersediaan makanan – minuman bernutrisi, buku – buku sarat ‘ilmu atau persiapan lainnya seperti kebutuhan USG beserta obat-obatan.

Sekadar info biaya persalinan diberbagai RS di Jakarta : Cekidot. Dibandingkan dengan penanganan bidan tentu akan jauh lebih murah. Biaya persalinan di klinik bidan berkisar antara 2juta – 3juta, dengan catatan jika tidak ada penanganan medis lanjutan.

Tips selanjutnya, aktiflah mencari informasi biaya persalinan yang murah. Setidaknya yang sesuai dengan kebutuhan pengeluaran Anda. Misalnya, Anda tidak perlu melahirkan di Jakarta jika Anda memiliki orangtua yang tinggal di kota lain, yang tentunya di kota tersebut tingkat perekonomiannya lebih murah. Sebagai perbandingan saja, biaya persalinan di Surabaya dan disalah satu RS di Kediri. Bahkan teman saya mengatakan biaya persalinan di Jawa Tengah bisa jauh lebih murah. Namun ada yang perlu diingat, sebisa mungkin penanganan dilakukan oleh wanita, tidak boleh satupun praktisi laki-laki berhak ikut membantu didalam ruangan persalinan.

Tips selanjutnya yang paling utama : Berserah diri kepada Allaah. Pena telah diangkat, tinta telah kering, takdir-takdir yang akan datang telah tertulis. Saya paham, sebagai calon ibu kita ingin yang paling baik untuk anak kita. Bukan hanya saat dikandungan, tapi sampai akhir hayat nanti kita akan selalu berusaha memberi semua yang terbaik untuk mereka. Maka, jangan pernah lupa untuk terus memohon kepada Sang Pencipta anak-anak Adam. Semoga kita diberikan kemudahan untuk melakukan kewajiban sebagai orangtua. Aamiin yaa Rabb..

image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: