Dakwah Bagaikan Sapaan Ombak

images

 

Bismillaah,

Suatu ketika saya berjalan-jalan disebuah pantai yang indah, yang selalu saya ingat disana ada sebuah batu karang yang sangaaat besaaar sekaliiiii, terletak dipinggiran pantai.

Berpuluh tahun kemudian, qoddarAllaah saya diajak kembali kesana, pantainya tetap indah, airnya tetap bening. Tapi, ada satu yang berbeda : “Dimanakah sebuah batu karang besar yang letaknya dipinggir pantai itu ?” Dalam hati.

Setelah saya sadari, ternyata batu itu tidak hilang, ia hanya mengecil karena terpaan air pantai yang setiap kali datang membelainya lembut.

Maa syaa’Allaah.. Maha Besar Allaah terhadap suatu perkara.

Lalu bagaimana dengan sebongkah hati yang mengeras ? Mengapakah kita terlalu bersedih karena ada hati-hati yang mengeras tak mau mengamalkan sunnah ? Ah, jangankan mengamalkan, mau sedikit mengenalnya saja enggan.

Demi Allaah, sahabatku, sesungguhnya hati yang keras terhadap syari’at tak kan selamanya menjadi keras jika kita mau bersabar sebentar, mau terus menyapanya dengan dakwah yang lembut, sebagaimana yang dilakukan air pantai itu pada batu karang yang besar. –in syaa’Allaah

Jika betul saat ini ada orangtua kita / saudara kita / tetangga kita / anak-anak kita yang masih keras terhadap syari’at Allaah, maka cobalah untuk menjadi air pantai yang selalu setia menerpa dengan kelembutan, sambil terus memohon kepada Rabb pemilik hati, semoga saja suatu saat hati yang keras itu menjadi lembut.

Benar saudaraku, hari itu saya belajar bahwa batu karang yang keras dipinggir pantai bisa saja kemudian hancur atau hilang, hanya karena air pantai yang tenang lagi menyejukkan namun ia terus menyentuh batu tersebut setiap saat. Lalu, bagaimana dengan hati manusia ?

Allaahul Musta’an. Semoga Allaah memudahkan setiap urusan kita sekalian..

2 comments

  1. suka Mbak..

    baarakAllaahu fiyki…

    1. Aamiin, wa baarakAllaahu fiik dek ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: