faedah dauroh “Sudah Saatnya Kita Kembali” oleh al-Ustadz Syafiq Basalamah di Kediri, 25 Shafar 1435 H

Bismillaah,

Terkadang, sebuah faedah dauroh tak harus sama dengan temanya. Bagi saya, mana perkataan assatidz yang “ngena di hati” maka itulah faedahnya.

Dear akhowat fillaah, janganlah bermudah-mudahan untuk curhat kepada ustadz, janganlah bermudah-mudahan untuk berbicara kepada ustadz, bukankah seorang ustadz juga laki-laki non mahrom untukmu ? Ustadz juga memiliki batasan yang sama dengan laki-laki yang bukan kau sebut ustadz.

Terlebih jika yang kau umbar adalah aib rumah-tanggamu. Sedikit-sedikit telpon ustadz, sebentar-sebentar kirim WA, apalagi sampai ada yang ng-PING! Allaahul musta’an. Lihatlah kebanyakan wanita, jika ia dicerai suaminya maka tampaklah perangai buruknya. Ia menjadi mudah mengumbar keburukan (aib) yang ada pada mantannya, seolah-olah tidak pernah terjadi satu kebaikanpun dalam diri mantan suaminya.

(Salah satu faedah dauroh “Sudah Saatnya Kita Kembali” oleh al-Ustadz Syafiq Basalamah di Kediri, 25 Shafar 1435 H)

Tambahan : mungkin inilah pentingnya jika kita memiliki teman shalihah yang banyak, sebisa mungkin ambillah ‘ilmu dari mereka. Cari diantara mereka yang bisa “amanah” untuk di-keluh-kesahkan.

Juga, sebisa mungkin seorang Muslimah harusnya sudah paham dengan fiqh “Haidh dan Nifas” atau suruhlah suamimu (bagi yang punya suami) untuk memahami bidang ini, karena selain 2 hal ini adalah kebiasaan yang sering terjadi pada wanita, juga bisa lebih menjaga diri dari bertanya tentang ini kepada ajnabi. –you know what I mean, gurls

Allaahu A’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: