Aku Belajar……

Bismillaah,

Aku belajar, bahwa hidup tak selamanya redup, kadang kita lupa untuk berucap bahwa “aku sanggup”.

Aku belajar, bahwa terkadang Allaah mengirimkan orang-orang jahat, agar kita dapat mengambil manfa’at.

Aku belajar, bahwa nasehat kadang terasa begitu pahit, namun sungguh ia bisa menyembuhkan penyakit.

Rupanya aku banyak belajar, tentang kenyataan bahwa Allaah menghidupkanku untuk mematikanku.

Tapi bukan sampai situ, jika mati tinggal mati maka habislah perkara. Nyatanya, setelah aku mati, aku akan (di)hidup(kan) lagi.

Maka sungguh bersedih, jika ada jiwa yang enggan merintih. Tak ada guna jika tubuh telah dibalut kain putih.

Masing-masing jiwa akan merasakan maut, entah itu karena terkecik benang kusut, ataupun tertelan baut. 

Sebuah catatan, dari jiwa yang miskin ‘ilmu dan amalan. Semoga rintihan mampu memberatkan timbangan kebaikan. 

Kediri, 17 Shafar 1435 tahun Hijriyah.

Leave a Reply

